cara mudah Cloning hardisk dengan HDclone

Cloning Hardisk, merupakan sebuah duplikat atau menggandakan isi file hardisk dari satu hardisk ke hardisk yang lain. Cloning hardisk berguna ketika penggadaan data yang di butuhkan oleh beberapa komputer yang di gunakan. Untuk mempercepat proses, tanpa melakukan proses ulang. Contoh seperti ketika kita mempunya komputer dengan jumlah lebih dari satu, dengan mempunyai spesifikasi yang sama, maka kita dapat melakukan cloning hardisk tersebut sehingga kita tidak melakukan proses install ulang dari satu komputer ke komputer yang lain.

Cloning hardisk biasa di terapkan pada warnet, laboratorium komputer, serta komputer kantor-kantor. Tentu untuk melakukan cloning hardisk di butuhkan syarat, seperti ketika kalau ingin mencloning HD untuk jumlah banyak, harus mempunyai spesifikasi yang sama, minimal dalam hal jenis motherboard tipe dan merek, untuk ram, processor, hdd bisa menyesuaikan selara.

Pada kali ini saya akan mencoba memberikan cara cloning hardisk menggunakan Software HDClone, program di bilang cukup simple dan user friendly, dengan GUI yang mudah di fahami.
HDClone Proffesional Edition 3.8 ini mempunyai fitur copy mode berupa:

Source (sumber yang ingin di cloning) dengan tipe drive ini seluruh drive hardisk, partition ini untuk memilih jenis partisi tertentu, misal partisi drive E, D atau F, img ini merupakan cloning dengan sumber yang sudah dalam bentuk file img.
Target (target yang ingin di cloning) dengan tipe tipe drive ini seluruh drive hardisk, partition ini untuk memilih jenis partisi tertentu, misal partisi drive E, D atau F, img ini merupakan cloning dengan target yang akan di bentuk file img.

Sedikit review tentang pengalaman menggunakan software cloning hardisk yang user friendly dengan HDClone